Breaking News:

Berita Nasional

Di Hadapan Peserta KBFP, Denni Purbasari Tekankan 4 Skill Utama Calon Pemimpin Bangsa

Di Hadapan Peserta KBFP, Denni Purbasari Tekankan 4 Skill Utama Calon Pemimpin Bangsa

Dok Kartu Prakerja
Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari (atas), saat menjadi narasumber Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) Angkatan 9, dengan topik ‘Pengantar Ekonomi Nasional Menuju Kesejahteraan Sosial’ pada tema besar ‘Menyongsong Era Transformasi dan New Normal, Menuju Generasi Baru Kepemimpinan Indonesia’, pada Selasa (5/10/2021). 

TRIBUNPANTURA.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, menyebutkan 4 skill utama yang harus dimilik calo pemimpin bangsa.

Menurut dia, seorang calon pemimpin bangsa setidaknya harus mengusai 4 skill ini: bisa mengelola diri sendiri, bisa berpikir kritis, bisa bekerja dengan orang lain, serta melek teknologi.

Hal itu disampaikan Denni saat menjadi narasumber Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) Angkatan 9, dengan topik ‘Pengantar Ekonomi Nasional Menuju Kesejahteraan Sosial’ pada tema besar ‘Menyongsong Era Transformasi dan New Normal, Menuju Generasi Baru Kepemimpinan Indonesia’, pada Selasa (5/10/2021).

Diterangkan lebih lanjut, keterampilan pertama yakni self-leadership, terkait kemampuan pengenalan dan manajemen diri, entrepreneurship, serta pengembangan diri menuju ‘goal achievement’.

Keterampilan kedua menyangkut kognitif, yakni critical thinking, komunikasi, perencanaan dan menjalankan aksi, serta fleksibilitas mental.

Keterampilan ketiga terkait kemampuan interpersonal yakni mobilisasi sistem, pengembangan relasi, dan efektivitas tim kerja.

Keterampilan keempat mengacu pada pemahaman, literasi, kolaborasi dan pembelajaran pada pengembangan ekosistem digital.

Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) merupakan program eksklusif pelatihan kepemimpinan dan kebangsaan untuk para pemimpin muda dari seluruh Indonesia.

Program ini diikuti 100 peserta dari Aceh sampai Papua berlatarbelakang akademisi, aktivis, politisi muda, kepala daerah muda, profesional, pengusaha dan entrepreneur muda.

KBFP telah berjalan selama delapan angkatan sejak tahun 2011 sebagai kolaborasi masyarakat sipil, swasta, dan aktor negara.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved