Breaking News:

Bisnis dan Keuangan

Menko Airlangga Sebut Program Kartu Prakerja Jadi Contoh Presidensi Indonesia G20

Menko Airlangga Sebut Program Kartu Prakerja Jadi Contoh Presidensi Indonesia G20

Tribun Medan/HO
Menko Perekonomian, cum Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto. 

TRIBUN-PANTURA.COM - Pemerintah secara resmi menutup penyelenggaraan Kartu Prakerja tahun 202 pada Rabu (15/12/2021).

Pada penutupan ini dilaporkan beberapa pencapaian selama tahun 2021, baik dari segi pelaksanaan, tata kelola, maupun hasil evaluasi dampak Program Kartu Prakerja yang dilakukan secara independen oleh lembaga penelitian kelas dunia.

Apresiasi disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Konferensi Pers Penutupan Seri Program Kartu Prakerja Tahun 2021.

“Secara khusus, terkait dengan inklusivitas keuangan yang dilakukan, Program Kartu Prakerja dapat menjadi contoh bagi Presidensi Indonesia di Group of Twenty (G20)."

"Program ini dapat direplikasi untuk emerging countries atau negara berkembang lainnya,” kata Airlangga, dalam keterangan tertulisnya..

Rilis Hasil Studi Evaluasi Dampak Program Kartu Prakerja yang dikeluarkan The Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-PAL) Southeast Asia (SEA) menyebutkan bahwa dari sisi layanan keuangan, Kartu Prakerja meningkatkan kepemilikan e-wallet 53 persen lebih tinggi daripada non-penerima.

Serta memiliki probabilitas 40 persen lebih tinggi untuk belanja daring dengan menggunakan e-wallet-nya.

Selain berdampak pada inklusi keuangan, studi JPAL SEA juga menunjukkan adanya dampak positif dari Program Kartu Prakerja terhadap ketahanan pangan, kebekerjaan dan kewirausahaan, pendapatan serta ketahanan finansial dari para penerima Kartu Prakerja.

Dampak positif dari temuan studi J-PAL SEA tersebut searah dengan temuan survei-survei yang sudah dilakukan oleh lembaga-lembaga lain sebelumnya, yaitu, BPS, TNP2K, Cyrus Network, CSIS, Ipsos, dan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja sendiri.

“Efektivitas Program Kartu Prakerja telah terbukti secara ilmiah,” kata Airlangga Hartarto.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved