Berita Batang

Ini yang Menginspirasi Abdullah Ibnu Thalhah Membuat Karya Seni Sarat Makna dan Menggugah

Seniman asal Batang, Abdullah Ibnu Thalhah melakukan pameran seni rupa berupa kartun dan ilustrasi  di Kedai Joglomberan, Jalan Dr Sutomo

Penulis: dina indriani | Editor: muh radlis
TRIBUN PANTURA/DINA INDRIANI
Seniman Batang, Abdullah Ibnu Thalhah menunjukan karya-karyanya kepada sejumlah pengunjung di pameran seni rupa tunggal berupa kartun dan ilustrasi di kedai Joglomberan, Jalan Dr Sutomo, Kabupaten Batang, Minggu (3/1/2022) malam. 

TRIBUNPANTURA.COM, BATANG - Seniman asal Batang, Abdullah Ibnu Thalhah melakukan pameran seni rupa berupa kartun dan ilustrasi  di Kedai Joglomberan, Jalan Dr Sutomo, Kabupaten Batang. 


Pameran tersebut menampilkan sebanyak 50 karya yang dapat dinikmati masyarakat umum mulai  1 sampai 9 Januari 2022.


Pameran tunggal itu bertema Wening atau berarti bening yang dikuratori oleh M Rahman Athian. 


Para pengunjung tampak merasa tergugah dan kagum melihat karya Sekprodi Ilmu Seni dan Arsitektur Islam UIN Walisongo itu. 


"Iya, saya berpikir lama di depan karya berjudul Islam Nusantara. Saya merasa di karya ilustrasi itu sarat makna," tutur seorang pengunjung, Panca kepada Tribunjateng.com. 


Tak hanya itu, ia juga kagum beragam karya Ibnu Thalhah lainnya yang sarat kritik dan menggambarkan kondisi sosial masyarakat. 


"Jika dicermati lebih dalam, karya Ibnu Thalhah sangat menggugah," ujarnya. 


Ia menyebut, pameran seni rupa merupakan barang mahal di Kabupaten Batang lantaran jarang dilakukan apalagi di kedai kopi. 


"Perlu dilakukan lebih banyak lagi, tak hanya di sini tapi di kedai lain agar anak muda lebih mengenal seni rupa," ujarnya. 


Pameran seniman asli Batang itu, tak hanya dihadiri oleh seniman dan pencinta seni di Kabupaten Batang, acara tersebut dihadiri pula oleh sejumlah pejabat. 


Pembukaan acara ditandai dengan melukis bersama oleh sejumlah tamu undangan, Minggu (2/1/2022) malam. 


Beberapa tamu undangan seperti Ketua DPRD Batang Maulana Yusuf, Kepala  Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Batang Yarsono, Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Batang Tri Bakdo dan lainnya, melakukan goresan warna di sebuah papan kanvas lukis. 


Goresan beragam warna dan garis itu  diselesaikan oleh Abdullah Ibnu Thalhah. 


"Pameran ini bagian dari ajakan ke masyarakat untuk rela merefleksi dan mencari jati diri melalui karya seni, " terang laki-laki yang akrab disapa Thalhah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved