Berita Pekalongan

Video Dinkes Kota Pekalongan Sidak Penjual Takjil Jalanan

Dinkes Kota Pekalongan melakukan pengujian dan pemeriksaan makanan serta minuman takjil berbuka puasa dari sejumlah pedagang.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: restu dwi r

TRIBUN-PANTURA.COM, PEKALONGAN - Berikut video Dinkes Kota Pekalongan Sidak Penjual Takjil Jalanan.

Dinas Kesehatan Kota Pekalongan melakukan pengujian dan pemeriksaan makanan serta minuman takjil berbuka puasa dari sejumlah pedagang yang berada di wilayah Kraton, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Rabu (6/4/2022).

Administrator Kesehatan Muda Dinkes Kota Pekalongan, Maysaroh menyampaikan, untuk memastikan produk makanan yang dijual aman untuk dikonsumsi masyarakat, pihaknya mengambil sampel secara acak terhadap makanan yang dicurigai menggunakan bahan berbahaya dan langsung di uji di lokasi.

"Sampel tersebut kami uji petik, untuk memastikan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi warga bebas dari bahan berbahaya seperti boraks, formalin, rhodamin B, dan methanil yellow," kata Maysaroh.

Menurutnya, uji petik merupakan kegiatan rutin saat Ramadan, tujuannya agar makanan dan minuman yang dijual saat menjelang berbuka puasa ini dalam kondisi aman.

"Target kita yang di wilayah Kecamatan Utara itu ada 60 sampel yang diambil, namun saat ini baru 45 sampel makanan dan minuman."

"Kemudian, untuk hasilnya alhamdulillah bagus, artinya untuk semua makanan yang diuji hasilnya aman atau negatif sehingga bisa dikonsumsi oleh masyarakat," ujarnya.

Dikatakan Maysaroh, target sampel makanan yang akan diuji secara keseluruhan di wilayah Kota Pekalongan ada 240 sampel.

"Setiap kecamatan, kami sampel 60 makanan yang diuji."

"Harapan kita, minggu awal puasa ini bisa selesai," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved