Berita Jateng

Kapolda Jateng Minta Seluruh Jajaran Aktif Lakukan Upaya Pencegahan Wabah PMK

Surat telegram tersebut berisikan upaya pencegahan penyebaran wabah PMK melalui isolasi, karantina ataupun lockdoown daerah yang terjangkit.

Dok Humas Polres Brebes
Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak sapi di sentra peternakan sapi di Desa Banjarharjo, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Kamis (12/5/2022). 

TRIBUN-PANTURA.COM, SEMARANG - Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi telah menerbitkan telegram Nomor ST/ 834/V/OPS.1.1/2022 tertanggal 14 Mei 2022 tentang penanggulangan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak. 

Dirreskrimsus Polda Jateng Kombes Johanson Ronald Simamora mengatakan surat telegram tersebut berisikan upaya pencegahan penyebaran wabah PMK melalui isolasi, karantina ataupun lockdoown, kepada daerah-daerah yang terjangkit.

"Kemudian memberikan penerangan melalui brosur, pamflet maupun secara langsung terkait PMK," jelasnya, Sabtu (14/5/2022).

Menurutnya, Kapolda meminta kepada jajaran melakukan sinergi dengan Dinas Peternakan dan Kedokteran Hewan untuk pengobatan, vaksinasi, penyembelihan hingga pemusnahan hewan ternak. 

Selain itu jajaran diminta aktif agar jajaran aktif untuk melaporkan perkembangan, upaya pencegahan dan penanganan yang telah dilaksanakan setiap harinya melalui WA group Satgas Pangan Polda Jateng atau melalui email. 

Sementara, Kabid Humas Polda Jateng Kombes M. Iqbal Alqudusy menambahkan jajaran kepolisian akan terus melakukan antisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku hewan ternak tersebut.

Pihaknya menyebut kepolisian akan membantu Dinas Peternakan terkait dalam menangani temuan penyakit terhadap hewan ternak itu.

"Polri akan terus concern terhadap persoalan dan permasalahan di masyarakat, termasuk adanya temuan penyakit mulut dan kuku."

"Kami berharap, masyarakat tetap tenang dan percayakan penanganan ini kepada dinas terkait serta polisi," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved