Berita Jateng

Ombudsman Soroti Pelaksanaan PPDB SMA dan SMK Negeri, Ini Tanggapan Disdikbud Jawa Tengah

Ombudsman lakukan evaluasi hal-hal pokok yang menjadi masalah dan telah disampaikan pada Disdikbud Jawa Tengah.

Penulis: amanda rizqyana | Editor: m zaenal arifin
TribunPantura.com/Amanda Rizqyana
Siti Farida, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah. 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah, Siti Farida menyatakan, saat ini terdapat laporan yang belum teratasi oleh pihaknya yakni terkait zonasi khusus dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Jawa Tengah Tahun 2022.

Zonasi khusus merupakan harapan masyarakat terkait calon siswa yang berada di luar zonasi mendapat kuota khusus, tetapi terkendala aturan karena 1 kecamatan hanya boleh diampu 1 sekolah dan terkait kebijakan.

Ia menyatakan, bila dibandingkan tahun sebelumnya, sudah terdapat solusi kelas virtual bagi masyarakat, meskipun solusi belum bisa memfasilitasi semua pihak.

Ombudsman Jawa Tengah sudah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah dan sudah ada atensi.

"Akan kita lihat pada proses verifikasi dan kami melihat beberapa keluhan masyarakat dicoba dipihaki tahun ini tetapi tidak semua bisa terpenuhi karena keterbatasan kuota," ungkap Farida, saat melakukan kunjungan ke Disdikbud Jawa Tengah, Rabu (29/6/2022).

Pihaknya juga intensif melakukan koordinasi dan komunikasi, dan evaluasi berkala tidak hanya akhir tahapan.

Beberapa waktu sebelumnya Ombudsman lakukan evaluasi hal-hal pokok yang menjadi masalah dan telah disampaikan pada Disdikbud Jawa Tengah.

"Kami melihat langsung tingkat penanganan pengaduan di sekolah itu sudah sangat baik ada rekaman, siapa saja yang menyampaikan aduan, atensi apa, semua itu dicatat dengan baik dan selesai," papar Farida.

Pihaknya berharap bila aduan itu sudah disampaikan melalui pihak sekolah dan pihak dinas, maka aduan yang memang betul-betul menyangkut kebijakan baru akan ditangani Ombudsman sebagai bahan pemantauan.

Pada kesempatan yang sama, Syamsudin Isnaini, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah menyatakan kunjungan Ombudsman ke Disdikbud Jawa Tengah dalam rangka pengawasan pelayanan masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved