Berita Kajen

Video Apel Peringatan Hari Koperasi Nasional Digelar Pemkab Pekalongan

Di Kabupaten Pekalongan sendiri, memperingati Hari Koperasi Nasional ke 75 dengan menggelar apel di halaman Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: restu dwi r

TRIBUN-PANTURA.COM, KAJEN - Berikut video Apel Peringatan Hari Koperasi Nasional Digelar Pemkab Pekalongan.

Hari Koperasi Indonesia atau Hari Koperasi Nasional jatuh pada 12 Juli. Di Kabupaten Pekalongan sendiri, memperingati Hari Koperasi Nasional ke 75 dengan menggelar apel di halaman Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja, Kabupaten Pekalongan, Selasa (12/7/2022).


Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar mengatakan, Hari Koperasi Nasional harus berupaya mentransformasikan koperasi dari citra model lama dan konvensional menjadi model baru, serta profesional.


"Seperti yang saya sampaikan saat membacakan amanat dari Menteri Koperasi Republik Indonesia, bahwa koperasi harus mendukung dengan gerakan revolusi mental yang bertujuan untuk meningkatkan literasi perkoperasian dan menarik minat generasi muda untuk berkoperasi," kata Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar kepada Tribunjateng.com.


Menurutnya, Koperasi di Kabupaten Pekalongan pernah berjaya pada tahun 1960 an dan 1970 an dengan berbagai data, indikator yang baik, seperti dari jumlah koperasi dan kelancaran dengan kredit.


"Jadi di tahun ini, koperasi harus mengubah modelnya dari konvensional menjadi profesional. Bagaimana generasi-generasi muda lebih menyukai kedepannya, karena zamannya sudah berbeda dan zaman milenial," ujarnya.


Tidak hanya itu, koperasi harus mengambil peran dalam membangun perekonomian di Kabupaten Pekalongan.


"Koperasi harus mensejahterakan anggotanya, tetapi juga harus bisa mensejahterakan warga Kabupaten Pekalongan," imbuhnya.


Pihaknya menambahkan, pemerintah melalui dinas setempat akan memberikan fasilitas bagi pertumbuhan koperasi, di antaranya role model koperasi harus dibangun kembali.


"Karena data-data koperasi yang saya lihat belum terlalu menggembirakan, seperti data koperasi yang sehat dan jumlah koperasi yang aktif," tambahnya.


Sementara itu, Ketua Dekopinda Kabupaten Pekalongan Ahmad Basori berharap usai masa pandemi Covid-19, koperasi harus bisa meningkat kembali.


Dimasa pandemi Covid-19, koperasi sangat terkena imbasnya terutama untuk koperasi yang menyedihkan jasa pembiayaan.


"Jumlah koperasi di Kabupaten Pekalongan ada 700 an. Dari jumlah tersebut yang aktif hanya 350 an koperasi," katanya. (Dro)

 

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved