Breaking News:

Berita Slawi

Satu ABK Kapal Motor Karya Mitra yang Terbalik di Perairan Laut Larangan Tegal Belum Ditemukan

Pencarian anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Karya Mitra, Darto, masih terus dilakukan oleh tim gabungan hingga

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muh radlis
TRIBUN PANTURA/Desta Leila Kartika
Tim gabungan Lanal Tegal, Basarnas, Polair Polres Tegal, PMI Kabupaten Tegal, dan relawan, melakukan proses pencarian satu ABK KM Karya Mitra yang belum ditemukan setelah kapal yang ditumpangi terbalik, Senin (5/9/2022), berlokasi di Pantai Larangan, Kabupaten Tegal. 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Pencarian anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Karya Mitra, Darto, masih terus dilakukan oleh tim gabungan hingga Senin (5/9/2022), di sekitaran pantai Larangan, Kabupaten Tegal. 


Seperti yang diketahui, Darto menjadi satu-satunya korban yang belum ditemukan dari 13 ABK lainnya saat sedang mencari ikan. 


Karena cuaca buruk, akhirnya membuat kapal yang ditumpangi 14 orang terdiri satu juru mudi dan 13 ABK akhirnya terbalik. 


Ditemui di lokasi pencarian, Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafaat, melalui Kasatpolairud Polres Tegal, AKP Siswanto, menjelaskan kronologi kejadian hilangnya satu ABK yang merupakan warga Desa Dinuk, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. 


Dijelaskan, KM Karya Mitra berangkat dari Pelabuhan Larangan, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal pada Sabtu (3/9/2022) sore sekitar pukul 16.00 WIB menuju utara laut Tegal.

Jaraknya sendiri dari bibir pantai sekitar 12 mil atau dua jam perjalanan. 


Setelah berlayar, sekitar pukul 21.00 WIB tiba-tiba angin dan ombak besar kemudian kapal menurunkan jangkar. 


Lalu pada Minggu (4/9/2022) sekitar pukul 00.30 WIB saat kapal mengangkat jangkar dengan tujuan merapatkan kapal lain, tapi jangkar belum sempat terangkat kapal sudah terbalik. 


Kemudian salah satu ABK yang bernama Wawan, berenang menggunakan alat bantu ban yang ada di kapal menuju kapal terdekat untuk mencari pertolongan selama tiga jam, hingga akhirnya menemukan kapal KM Kartika Jaya dan merapat ke TKP sekitar pukul 04.00 WIB. 


Kemudian 12 ABK dan nahkoda yang berada di atas kapal terbalik diselamatkan, dibawa ke pelabuhan Pantai Larangan, dan juru mudi berpindah ke KM Sri Nangjung 02 untuk melakukan pencarian bersama korban yang belum ditemukan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved