Berita Slawi

Gelar Operasi Zebra Candi 2022, Ini Sembilan Jenis Pelanggaran Sasaran Polres Tegal

Polres Tegal melaksanakan apel gelar pasukan pembukaan operasi zebra candi 2022, berlokasi di halaman Mapolres Tegal, Senin (3/10/2022) pagi.

TribunPantura.com/Desta Laila Kartika
Wakapolres Tegal, Kompol Didi Dewantoro, memasangkan pita tanda operasi zebra candi 2022 berlangsung kepada tiga perwakilan personil yang bertugas. Berlokasi di Mapolres Tegal, Senin (3/10/2022). 

TRIBUN-PANTURA.COM, SLAWI - Polres Tegal melaksanakan apel gelar pasukan pembukaan operasi zebra candi 2022, berlokasi di halaman Mapolres Tegal, Senin (3/10/2022) pagi.

Tidak hanya diikuti oleh anggota Polres Tegal saja, apel kali ini juga melibatkan personil TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal.

Wakapolres Tegal, Kompol Didi Dewantoro, menjelaskan operasi zebra candi 2022 dilaksanakan selama 14 hari mulai Senin (3/10/2022) sampai 16 Oktober 2022 mendatang.

Sementara tahun ini operasi zebra candi mengusung tema "Tertib berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcarlantas yang presisi."

Baca juga: 200 Pembatik Ikuti Festival Membatik Bakaran Wetan Pati

Sedangkan selama operasi berlangsung, penindakan dilakukan secara persuasif dan penindakan hukum elektronik menggunakan E-TLE Go sigap.

"Jadi anggota Satlantas akan dibekali dengan perlengkapan khusus. Sehingga jika menemukan pelanggaran di jalan, petugas ini mendokumentasikan dengan mencapture foto, dan secara otomatis diproses melalui E-TLE nasional. Setelahnya surat konfirmasi keluar sesuai alamat yang tertera pada identitas kendaraan," tutur Kompol Didi.

Wakapolres menegaskan, operasi zebra candi 2022 kali ini tidak mengutamakan pemeriksaan di jalan.

Tapi jika ditemui ada pelanggaran kasat mata di jalan, maka akan tetap dilakukan pendindakan berupa edukasi persuasif.

Yaitu menghentikan pengendara, kemudian mengingatkan masyarakat untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Kesaksian Warga Saat Pondasi Jembatan Jagung Pekalongan Ambrol: Ada Suara Keras

"Personel yang kami siapkan pada operasi zebra candi 2022 ini sebanyak 67 personil, termasuk melibatkan TNI, Satpol PP, dan Dishub Kabupaten Tegal," jelasnya.

Kasatlantas Polres Tegal, AKP Erwin Chan Siregar, menjelaskan pelaksanaan operasi zebra candi 2022 mengedepankan kegiatan secara persuasif, humanis, memberikan edukasi kepada masyarakat.

Selain itu kegiatan operasi kali ini juga diimbangi dengan penindakan pelanggaran lalu lintas, terutama untuk sembilan jenis sasaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Adapun sembilan jenis sasaran utama pelanggaran lalu lintas yang dimaksud yaitu pelanggaran pengendara tidak mengenakan helm, pelanggaran apil, pelanggaran rambu atau marka jalan, mengemudi kendaraan tidak wajar, pengendara dibawah umur, pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi tidak mengunakan sabuk pengaman, pengendara melebihi batas kecepatan, dan pelanggaran overload.

Baca juga: Ini Fokus Polres Demak dalam Operasi Zebra Candi 2022

"Nantinya kami juga mengadakan sosialisasi menyasar siswa sekolah mulai TK, SD, SMP, SMA, termasuk mahasiswa di universitas bekerja sama dengan Dikbud Kabupaten Tegal. Harapannya nanti bisa disampaikan mengenai cara berkendara yang baik dan benar, serta lebih berhati-hati," pungkas AKP Erwin. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved