Berita Jateng

BMKG Sebut Gelombang Laut di Perairan Semarang - Demak Hari Ini Setinggi 2,5 Meter

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya gelombang tinggi di perairan

Penulis: Agus Salim Irsyadullah | Editor: muh radlis
TribunPantura.com/Pingky Setiyo Anggraeni
Gelombang air laut. 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya gelombang tinggi di perairan Indonesia. 


Sejumlah perairan berpotensi dilanda gelombang tinggi berkisar 1,25 hingga 4 meter pada Rabu (25/1/2023) pukul 07:00 WIB hingga Kamis (26/1/2023) pukul 07:00 WIB.


Keterangan yang diterima Tribunjateng.com dari Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang pada Rabu (25/1/2023), terdapat pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat laut - timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 30 knot.


Untuk wilayah Indonesia bagian selatan, pola angin dominan bergerak dari barat daya - barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.


Kecepatan angin tertinggi juga terpantau di laut Natuna utara dan perairan Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna. 


Adapun gelombang setinggi 1,25 hingga 2,5 meter berpotensi terjadi di perairan Brebes - Pemalang, perairan Pekalongan - Kendal, perairan Semarang - Demak, perairan Jepara dan perairan Pati - Rembang. 


Sementara, gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter berpotensi terjadi di perairan Kalimantan Tengah bagian barat, laut Jawa bagian tengah dan perairan Karimunjawa.


BMKG menyarankan kepada pelayaran berupa perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry dan kapal berukuran besar seperti kapal kargo maupun pesiar untuk memperhatikan resiko tinggi gelombang tinggi. 


Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, BMKG mengimbau agar selalu waspada.

Sumber: Tribun Jateng

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved