DPP PDI Perjuangan Tunjuk Paslon Tino-Mustamsikin Maju Pilkada Kendal 2020

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan akhirnya mengumumkan rekomendasi kepada Tino Indra Wardono

Penulis: Saiful Masum | Editor: Rival Almanaf
Tribun-Pantura.com/ Saiful Masum
Anggota KPU Kendal memperlihatkan tahapan-tahapan Pilkada 2020 yang berjalan hingga Desember nanti, Kamis (13/8/2020). 

TRIBUN-PANTURA.COM, KENDAL - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan akhirnya mengumumkan rekomendasi kepada Tino Indra Wardono dan Mustamsikin untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kendal 9 Desember nanti.

Diketahui bahwa rekomendasi PDI Perjuangan jatuh pada laki-laki yabg biasa disapa Tino sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) seraya menunjuk Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mustamsikin sebagai Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Kendal.

Dengan turunnya rekomendasi pasangan tersebut, kini sudah ada 2 paslon yang terang-terangan mengantongi rekomendasi dari DPP masing-masing. Tino Indra Wardono (PDI Perjuangan) - Mustamsikin (PPP), dan Dico Mahtado Ganinduto (Golkar) - Windu Suko Basuki (Demokrat).

Potensi Pelanggaran Pilkada Tetap Ada Meski Hanya Ada Calon Tunggal

Update Virus Corona Kabupaten Tegal, Pasien Sembuh Sendiri Setelah Isolasi Mandiri

Diduga Rem Blong, Truk Box Alami Kecelakaan di Tol Bawen Kab Semarang

Kisah Ketua Panpel PSIS yang Pernah Poritif Covid-19 Sembuh Karena Hal Ini

Selain itu, sejumlah partai politik seperti PKS, dan PAN dikabarkan merapat ke pasangan Dico-Basuki. Kini menyisakan 4 partai politik yang belum menentukan sikap seperti Perindo, Nasdem, Gerindra, dan juga PKB.

Dari keempat partai tersisa, praktis memiliki jumlah suara di DPRD Kendal sebanyak 18 kursi. Masing-masing PKB (10) kursi, Gerindra (6), Nasdem (2), dan Perindo (1). Dengan jumlah tersebut, dapat melahirkan 2 pasangan calon jika PKB mau mengusung pasang sendiri dan 3 parpol lain berkoalisi mengusung pasang sendiri. Sehingga Pilkada Kendal dimungkinkan dapat dimeriahkan oleh 4 pasangan calon.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kendal, Akhmat Suyuti, mengatakan dengan turunnya rekomendasi kepada pasangan Tino-Mustamsikin, pihaknya telah menjalin komunikasi kepada PPP apakah tetap berkoalisi apakah tidak. Hal tersebut lantaran PDI Perjuangan dengan perolehan 10 kursi dapat mengusung pasangan yang ada secara individu tanpa harus berkoalisi.

Akan tetapi, Suyuti menegaskan bahwa pihaknya masih terbuka kepada partai politik lainnya yang mana hendak berkoalisi mendukung pasangan Tino-Mustamsikin selagi mempunyai visi dan misi yang sama.

"Pak Mustamsikin memang Ketua DPC PPP namun juga tokoh NU. Ya kita lihat nanti apakah dari PPP berkoalisi dengan kita (PDI Perjuangan) atau tidak. Tentunya dengan partai-partai politik lainnya juga juga silahkan kalau mau berkoalisi," terangnya.

Sebagai upaya lanjutan, DPC PDI Perjuangan akan merapatkan barisan dalam 2-3 hari ke depan untuk menentukan strategi untuk menghadapi Pilkada nanti.

Pihaknya pun belum mau menarget berapa persen harapan suara yang bisa diraih PDI Perjuangan nantinya. Hanya saja, berbekal amanat Ketua DPP PDI Perjuangan bidang politik, Puan Maharani untuk bisa memenangkan Pilkada Kendal, pihaknya siap menyusun strategi untuk bisa meraih kemenangan pada kontestasi 9 Desember nanti.

"Prinsip kita harus menangkan kontestasi ini, kita lakukan semaksimal mungkin," tuturnya.

Ketua DPC PPP, Mustamsikin, menambahkan dengan jatuhnya rekomendasi terhadap dirinya menemani kader PDI Perjuangan, ia segera mungkin akan melakukan sosialisasi kepada semua komponen PPP.

Hal tersebut mengingat pendaftaran pasangan calon tinggal menghitung jari lagi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Ya benar alhamdulillah sudah dapat rekomendasi. Selanjutnya kita lakukan sosialisasi ke semua komponen karena bagaimanapun pendaftaran sudah dekat," tuturnya.

Puluhan Orang di Banyumas Ikuti Sidang Pelanggaran Tak Bermasker, Dapat Hukuman Denda Rp 50 Ribu

Meski New Normal IKM Logam di Tegal Tetap Lesu

Meluncur di Jateng Berikut Harga OTR Toyota Corolla Cross Hybrid di Nasmoco

IKM Logan di Tegal Dipertemukan dengan Industri Besar untuk Lahirkan Rantai Pasokan

Sementara itu, Tino Indra Wardono selaku penerima rekomendasi PDI Perjuangan sebagai Bakal Calon Bupati Kendal mengaku siap membawa PDI Perjuangan memenangkan Pilkada nanti.

Katanya, dalam beberapa hari ke depan, dirinya bersama pasangan Mustamsikin akan berkomunikasi lebih lanjut dengan partai pengusung untuk menentukan sikap dan langkah.

Hal itu dimaksudkan agar langkah PDI Perjuangan dalam menatap Pilkada semakin mantap.

"Setelah itu kita akan turun lapangan. Kita juga siap satu misi satu tujuan dengan pak Mustamsikin untuk memenangkan Pilkada nanti," tutupnya. (Sam)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved