Breaking News:

Berita Slawi

Sepasang Rusa Tutul Penghuni Baru Objek Wisata Sawah Batu, Pokdarwis: Bisa untuk Wahana Edukasi

Sepasang Rusa Tutul Penghuni Baru Objek Wisata Sawah Batu, Pokdarwis: Bisa untuk Wahana Edukasi

Istimewa
Sepasang rusa tutul menjadi penghuni baru objek wisata Sawah Batu, di Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Rusa tersebut diberikan oleh Pemkab Tegal untuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sawah Batu, untuk menambah daya tarik wisatawan. 

TRIBUNPANTURA.COM, SLAWI - Kabupaten Tegal dikenal memiliki banyak potensi wisata alam yang sangat mengagumkan.

Bukan hanya objek wisata milik pemerintah daerah saja, kini desa-desa yang ada di Kabupaten Tegal juga kian bersaing menyuguhkan tempat yang indah untuk dikunjungi.

Salah satunya objek Wisata Sawah Batu, wisata yang dikembangkan oleh warga Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi baik saat bersama teman maupun keluarga.

Baca juga: Prihatin Sikap Presiden soal Kenaikan Cukai, Petani Tembakau Ziarahi Makam Ibunda Jokowi Sujiatmi

Baca juga: Respon Wawali Tegal soal Kenaikan UMK 3 Persen, Jumadi: Pertumbuhan Ekonomi Agak Bagus

Baca juga: Fredrich Yunadi Gugat Setya Novanto dan Istri Triliunan Rupiah, Mantan Pengacara Kasus e-KTP

Baca juga: Nasiehat Sederhana Dani Alves untuk Dest agar Sukses di Barcelona: Berikan Bola kepada Messi

Melihat potensi yang Sawah Batu miliki, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan, memberikan dua ekor rusa tutul untuk menambah daya tarik wisata serta untuk wahana mengedukasi anak-anak.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sawah Batu Desa Bukateja Akhmad Faozi menuturkan, pemberian rusa oleh Pemkab Tegal Ini berlangsung pada Sabtu (12/9/2020) lalu, oleh Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tegal Khofifah di lokasi wisata.

“Kami sangat berterimakasih atas hadiah yang Pemkab Tegal berikan, yaitu satu ekor rusa betina dan satu ekor rusa jantan."

"Semoga dengan adanya warga baru tersebut di objek wisata Sawah Batu ini, bisa lebih menarik wisatawan yang berkunjung,” ungkap Faozi, dalam rilis yang diterima Tribunpantura.com, Jumat (6/11/2020).

Ditanya soal pemeliharaan dan biaya pembuatan kandang, ia menjelaskan pembuatan kandang untuk rusa tersebut sebesar Rp15 juta.

Kemudian saat ini rusa yang ada di Sawah Batu diurus oleh pawang khusus yang disiapkan oleh Pokdarwis, sehingga kebutuhan hewan yang bernama latin axis-axis tersebut dapat diatur dengan baik.

“Nantinya, pengunjung juga bisa memberi makan, dengan membeli sayuran yang telah disediakan pengelola objek wisata,” katanya.

Selain itu, menurut Faozi, objek wisata Sawah batu akan dibuka setiap hari. Untuk Senin-Jumat, jam operasional dimulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Sedangkan untuk Sabtu dan Minggu dibuka pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB.

“Banyak tempat dan spot menarik disini, kami memiliki meeting hall, kolam renang, jembatan bambu, gazebo untuk berkumpul bersama keluarga atau teman, hingga stand makanan atau pasar sawah batu yang akan hadir di setiap Sabtu dan Minggu."

"Pasar tersebut, menyediakan banyak makanan tradisional khas Desa Bukateja, seperti sega walang dan nasi jagung,” jelasnya.

Tak hanya itu, banyak juga event yang bisa pengunjung rasakan, antara lain perlombaan egrang, balap bakiak, layang-layang, nyanyian solawat, pentas tari-tarian, serta penampilan dari grup Nadaku akustik, GG akustik, dan organ tunggal Arya Musik.

“Dengan biaya tiket masuk yang hanya Rp2.000 , pengunjung sudah dapat menikmati pemandangan yang luar biasa disini, bisa berfoto hingga menkmati maknan khas yang ada di desa kami yaitu sega walang,” tandasnya. (dta)

Baca juga: Kabar Baik, Pemerintah Perpanjang Banpres Produktif hingga 25 November 2020, Buruan Daftar

Baca juga: Amukan Angin Kencang di Batang, Tujuh Bangunan dan Satu Kendaraan Alami Kerusakan

Baca juga: Jalan Buntu Penetapan UMK 2021 Batang: Apindo Acu SE Menaker, Buruh Pegang Instruksi Gubernur

Baca juga: Dua Dokter Gigi RSGM Unsoed Purwokerto Positif Covid-19, Begini Keterangan Resmi Kampus

Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved