Breaking News:

Opini

Opini Aunullah A'la Habib: Isra' Mi'raj dan Pentingnya Sanad Keilmuan

Opini Aunullah A'la Habib: Isra' Mi'raj dan Pentingnya Sanad Keilmuan. Gus Aun Waktum PP GP Ansor

Tangkapan Layar Facebook Gus Aun Channel
Cendekiawan muda NU cum Wasekjen PP GP Ansor, Aunullah A'la Habib (Gus Aun). 

Isra' Mi'raj dan Pentingnya Sanad Keilmuan

Oleh: Aunullah A'la Habib (Gus Aun) | Wasekjen PP GP Ansor

Salah satu pelajaran penting dari peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Shalallaahu 'Alayhi Wasallam (SAW) yang bisa kita ambil manfaat adalah tentang pentingnya sebuah sanad atau mata rantai keilmuan yang harus terus menerus tersambung.

Nabi Muhammad SAW dalam menjalani Isra’, selain menjalani proses ritual, juga menjalani proses pengasahan intelektualitas. Beliau berjumpa dan berdiskusi dengan Nabi Ibrahim, Nabi Musa dan Nabi-nabi yang lain, sehingga apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW itu jalannya sama dengan Nabi-nabi pendahulunya.

Tradisi pertemuan secara langsung ini biasa kita kenal dengan dalam dunia pesantren dengan istilah tradisi sanad. Apabila sanad tidak bersambung, maka nanti akan terjadi penyimpangan yang bisa merusak.

Oleh karena itu, setiap Nabi harus punya jalur atau karakter yang sama dengan Nabi-nabi yang lain dengan cara bertemu secara langsung.

Dalam pendidikan intelektual Nabi Muhammad SAW saat Isra’, selain bertemu para Nabi terdahulu, juga dikenalkan karakter-karakter Nabi tersebut.

Begitu juga di dalam al-Qur’an diceritakan kisah-kisah Nabi yang diutus sebelum Nabi Muhammad SAW. Dengan menceritakan itu, akan menjadikan kebijakan dan pola pikir Nabi Muhammad SAW selaras dengan yang dilakukan oleh Nabi-nabi terdahulu.

Telah menjadi pengetahuan kita bersama bahwa sumber utama Ilmu dalam Islam adalah: al-Qur’an dan al-Hadis. Al-Qur’an sudah dijamin oleh Allah tentang kebenarannya dan keterjagaannya.

Allah SWT berkalam dalam surat al-Hijr ayat 9 yang berbunyi: “Inna nahnu nazzalna dzirko wa inna lahu lahaafidzun”. Artinya: “Sesungguhnya kami telah menurunkan al-Dzikru (nama lain al-Qur’an) dan kamilah pemelihara-pemeliharanya”.

Halaman
123
Berita Populer
Editor: yayan isro roziki
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved