Berita Kajen

Video Kuliner Kluban Botok Makanan Khas Dari Pekalongan

Kluban Botok, kuliner khas Pekalongan memang menjadi menu favorit warga Pekalongan saat menjelang siang maupun sore.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: restu dwi r

TRIBUN-PANTURA.COM, KAJEN - Berikut video Kuliner Kluban Botok Makanan Khas Dari Pekalongan.

Kluban botok menjadi kuliner yang sangat terkenal di Pekalongan, biasanya pedagang banyak yang menjualkan kudapan ini di pinggir-pinggir jalan yang ada di Pekalongan, Jawa Tengah.

Kluban botok terdiri dari sayuran yang direbus seperti kacang panjang, tauge, kangkung, kol, sawi, anekan sayuran segar yang direbus, kemudian dikasih parutan kelapa, disiram dengan botok yang ditambah krupuk usek dan terakhir disiram sambal kacang.

Kuliner khas Pekalongan ini, memang menjadi makanan favorit warga Pekalongan, saat menjelang siang maupun sore.

Pasti anda penasaran apakah botok itu? Botok adalah sayur lodeh yang terdiri dari tahu, bongkrek atau gambus, putren yang dimasak menggunakan santan encer. Sebagai pelengkap makan kluban dan biasanya kudapan ini disajikan tanpa nasi.

Tribunjateng.com, mencicipi kudapan kluban botok Jeng Yati, yang beralamat di Jalan Karanganyar-Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Di warung ini, menyajikan banyak makan makanan yang disajikan seperti pecel, pindang tetel, kluban botok, keong, rujak uleg, kolak pisang, dan yang lainnya.

Tahyati pemilik warung kluban botok mengatakan, dia sudah 15 tahun menjual makanan kluban botok. Dari, awal jualan keliling hingga saat ini membuka warung di rumah.

"Saya jualan kluban botok sudah cukup lama, sudah lima belas tahun, mungkin lebih. Dulu jualannya keliling dan digendong, tapi sekarang alhamdulilah berjualan di rumah sendiri sambil momong anak," kata Tahyati pemilik warung kluban botok kepada Tribunjateng.com, Selasa (13/9/2022).

Menu di warungnya sendiri banyak, ada kluban botok, pecel, rujak, pindang tetel. keong, gorengan tempe dan tahu dan kolak pisang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved