Breaking News:

Berita Pendidikan

Sulit Memahami Integral Matematika? Coba Kenali Hambatan Kognitif Berikut Ini

Adanya hambatan kognitif yang dialami mahasiswa membuat mahasiswa tidak berhasil mengonstruksi konsep sehingga tidak memiliki pemahaman matematis.

Editor: Rival Almanaf
Istimewa
Kartinah teliti disertasi dengan judul “Profil Hambatan Kognitif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Integral Tak Wajar” 

TRIBUN-PANTURA.COM, SEMARANG - Dr Kartinah SSi MPd salah satu dosen program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) berhasil melaksanakan ujian disertasi.

Kartinah teliti disertasi dengan judul “Profil Hambatan Kognitif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Integral Tak Wajar” raih gelar doktor pada program studi S3 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang.

Ujian disertasi dilaksanakan Jumat (20/11/2020) secara virtual melalui zoom. Kartinah berhasil mempresentasikan di hadapan para pembimbing Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si., Dr. Sudirman, M.Si., serta Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si., Ph.D.

Baca juga: Warga Delta Asri Mijen Masih Was-was Banjir Bandang Susulan

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Tegal Tembus Angka 1.000, Masih Didominasi Klaster Keluarga.

Baca juga: Tim Verifikasi Jateng Nilai TP PKK Kalinyamatwetan Kota Tegal

Baca juga: Petani Desa Plumbon Kabupaten Batang, Temukan Uang Puluhan Juta Yang Tersebar di Aliran Irigasi

Hambatan Kognitif (Cognitive Obstacle) adalah hasil dari pengalaman mahasiswa sebelumnya dan proses internal dari pengalaman-pengalaman tersebut dan diwujudkan ketika mahasiswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran.

Adanya hambatan kognitif yang dialami mahasiswa membuat mahasiswa tidak berhasil mengonstruksi konsep sehingga tidak memiliki pemahaman matematis yang mendalam.

Jika mahasiswa dan dosen berhasil mengidentifikasi hambatan kognitif yang dialami maka bisa segera diatasi hambatan tersebut.

Faktanya, masih banyak mahasiswa yang belum mampu mengidentifikasi hambatan kognitif yang dialami.

Ketika mahasiswa menyelesaikan masalah yang terkait dengan Integral Tak Wajar, teridentifikasi bahwa masih ditemukan mahasiswa yang dapat mengonstruksi konsep namun mengalami hambatan kognitif dalam proses pengerjaannya.

Berdasarkan fenomena tersebut, perlu diteliti tentang profil hambatan kognitif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah Integral Tak Wajar.

Penelitian ini penting untuk dilakukan karena kajian profil hambatan kognitif dapat dijadikan pijakan dalam merancang pembelajaran yang bertujuan untuk meminimalkan hambatan kognitif tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved