Berita Jateng

Buka Muswil ABP-PTSI Jawa Tengah, Ganjar: Inovasi dan Adaptasi PTS Harus Secepat Perkembangan Zaman

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ingin inovasi dan adaptasi perguruan tinggi swasta (PTS) bisa secepat perkembangan zaman.

Penulis: hermawan Endra | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Ganjar usai membuka Musyawarah Wilayah V Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP-PTSI) Provinsi Jawa Tengah di STIE Bank Jateng, Kota Semarang, Senin (5/9/2022). 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ingin inovasi dan adaptasi perguruan tinggi swasta (PTS) bisa secepat perkembangan zaman.

Hal itu diperlukan untuk menyiapkan generasi muda yang sesuai dengan tantangan bangsa ke depan.

"Saya sampaikan tadi tantangan bangsa ini menjadi semakin berat, saya berharap inovasi dan adaptasi dari perguruan tingginya juga secepat perkembangan zamannya."

"(Perguruan Tinggi) Swasta sebenarnya lebih luwes dalam arti lebih improve dalam beberapa kegiatan yang bisa sesuai dengan perkembangan zaman," kata Ganjar usai membuka Musyawarah Wilayah V Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP-PTSI) Provinsi Jawa Tengah di STIE Bank Jateng, Kota Semarang, Senin (5/9/2022).

Baca juga: Sejumlah Bantuan Mengalir ke Warga Miskin yang Tinggal di Rumah Tidak Layak Huni di Kudus Ini

Musyawarah Wilayah ABP-PTSI dan seminar nasional itu dihadiri hampir seluruh pengelola PTS se-Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu Ganjar berpesan kepada para pengelola PTS untuk menyiapkan termasuk dalam operasional pembelajaran.

"Perguruan Tinggi swasta hari ini harus lebih adaptif tetapi (universitas) negeri juga sebenarnya. Ini pertemuan pengelola perguruan tinggi swasta dan ini dari yayasan."

"Maka mereka sebenarnya adalah owner-nya. Maka kita harapkan para owner atau pengelola ini nantinya juga bisa men-drive yang bertanggung jawab pada belajar-mengajar harian. Study operation," katanya.

Baca juga: Imbas Kenaikan Harga BBM, Puluhan Sopir Mikrobus di Tegal Mogok Tak Tarik Penumpang

Menurut Ganjar, inovasi, adaptasi, dan improvisasi itu bisa berkaitan dengan era digital dan munculnya ilmu-ilmu khusus di luar bidang keilmuan yang sudah ada.

Bisa juga berupa jurusan atau fakultas yang sesuai dengan kebutuhan ke depan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved