Berita Semarang

Undip Semarang Raih Peringkat 2 Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik Versi UI Green Metric

Implementasi visi Undip menjadi universitas riset yang unggul mencakup berbagai sektor termasuk melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs).

Penulis: amanda rizqyana | Editor: m zaenal arifin
Dokumentasi
Universitas Diponegoro (Undip) meraih prestasi sebagai peringkat 2 Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik di Indonesia berdasarkan Universitas Indonesia (UI) Green Metric pada Senin (12/12/2022) di Balai Sidang UI Depok Jawa Barat. 

TRIBUNPANTURA.COM, SEMARANG - Universitas Diponegoro (Undip) meraih prestasi sebagai peringkat 2 Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik di Indonesia berdasarkan Universitas Indonesia (UI) Green Metric pada Senin (12/12/2022) di Balai Sidang UI Depok Jawa Barat.

Berdasarkan siaran tertulis yang diterima pada Kamis (15/12/2022), implementasi visi Undip menjadi universitas riset yang unggul mencakup berbagai sektor termasuk melaksanakan Sustainable Development Goals (SDGs).

Upaya Undip menjadi bagian dari sustainable cities atau goal 11 dan mendukung climate action atau goal 13 dengan membangun kampus hijau ramah lingkungan mendapat apresiasi dari Universitas Indonesia (UI) GreenMetric World University Rankings 2022 sebagai The 2022 2nd Most Sustainable University in Indonesia.

Baca juga: Tiga Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Tegal, dari Waduk Hingga Tempat Hits

Selain itu pengelolaan yang diupayakan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan atau goal 4, penyediaan air bersih dan sanitasi yang layak atau goal 6 terjaminnya ketersediaan energi yang terjangkau, dan berkelanjutan dan modern atau goal 7.

Selanjutnya ialah poin melindungi ekosistem dan pelestariannya atau goal 15, dan menguatkan sarana pelaksanaan dan revitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan atau goal 17.

Penghargaan ini adalah merupakan kali ketiga atau hattrick bagi Undip yang berhasil meraih dan mempertahankan peringkat ke-2 nasional sebagai Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik di Indonesia secara berturut-turut pada tahun 2020, 2021, dan 2022.

Selain itu Undip berhasil menduduki peringkat ke-4 di level Asia dan ke-29 di level Dunia pada pemeringkatan UI GreenMetric 2022.

Baca juga: Pria 47 Tahun di Kudus Cabuli Dua Bocah Bersaudara, Mengaku Terobsesi dari Film Porno

Pemeringkatan UI GreenMetric adalah pemeringkatan kampus internasional berlandaskan tiga pilar yaitu lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial dengan enam indikator yaitu Keadaan dan Infrastruktur Kampus sebesar 15 persen, energi dan perubahan iklim sebesar 21 % , pengelolaan sampah sebesar 18 % , penggunaan air sebesar 10 % , Transportasi sebesar 18 % , dan Pendidikan dan riset sebesar 18 % .

Pada tahun ini terdapat 1050 kampus dari 85 negara di dunia, meliputi 126 kampus di Indonesia yang masuk dalam penilaian UI GreenMetric Rankings 2022.

Dalam membangun lingkungan kampus yang hijau, Undip berkomitmen untuk menjaga kelestarian ekosistem.

Pembangunan berkelanjutan ramah lingkungan antara lain dengan penanaman pohon dan pembangunan taman kampus, pembangunan jogging track dengan ekosistem hijau, serta pemeliharaan sungai di sekitar Undip bersama warga sekitar.

Baca juga: KPK OTT Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Barang Bukti Sejumlah Uang Diamankan

Penghargaan dari UI GreenMetric World University Rankings 2022 kepada Undip diterima langsung oleh Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum.

Dalam pidato yang disampaikan sebagai penerima Penghargaan Peringkat ke-2 UI GreenMetric, Rektor Undip, Prof. Yosmenyampaikan terima kasih kepada semua pihak.

"Ucapan terima kasih khususnya kepada UI GreenMetric yang telah memberikan penghargaan untuk capaian Undip selama 3 kali berturut-turut," ucapnya.

Hal ini juga sebagai bukti bahwa Undip mempunyai komitmen yang kuat untuk mewujudkan sebagai kampus hijau, berkelanjutan, dan nyaman untuk semua sivitas akademika dalam kehidupan dan berkegiatan di sekitar kampus.

Prestasi ini merupakan bagian dari implementasi untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan baik di tingkat nasional maupun global atau skala dunia.

Baca juga: Ihwal Pengangkatan Iptu Umbaran Wibowo Jadi Kapolsek, Puskampol: Rugikan Polri

Prof Yos, selaku Rektor mengucapkan terima kasih pada jajaran civitas akademika dan keluarga besar Undip atas kontribusi yang diberikan.

“Terima kasih kepada seluruh civitas academica dan keluarga besar Undip atas kontribusinya mewujudkan Undip sebagai Sustainable and Green Campus," ucapnya.

Ia berharap semoga Undip menjadi kampus yang nyaman dan dapat membawa kesejahteraan bagi seluruh sivitas dan keluarga besar Undip. (*)

Sumber: Tribun Pantura
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved