Breaking News:

Berita Pendidikan

Kemendikbud Luncurkan Website 'Jalur Rempah Nusantara', Hilmar Farid: Jalur Abstrak tapi Nyata

Kemendikbud Luncurkan Website 'Jalur Rempah Nusantara', Hilmar Farid: Jalur Abstrak tapi Nyata

Editor: yayan isro roziki
Istimewa
(Dari kiri-kanan): Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Restu Gunawan bersama Ketua Komite Program Jalur Rempah, Kemendikbud, Ananta Kusuma Seta, (Plt) Deputi Konservasi Arsip Nasional RI, Multi Siswati, Auditor Utama Inspektorat I, Itjen Kemdikbud, Fuad Wiyono dan Rektor Institut Kesenian Jakarta dan Ketua Dewan Juri Lomba Komik Jalur Rempah, Indah Tjahya Wulan bersama-sama memukul lumpang kayu dalam momen peluncuran website Jalur Rempah di perhelatan Anugerah Karya Budaya Rempah Nusantara di Aston Grogol, Jakarta. 

TRIBUNPANTURA.COM.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan meluncurkan secara resmi website Jalur Rempah, di Aston Grogol, Jakarta, Jumat (11/12/2020).

Di samping itu, Dirjen Kebudayaan juga menggelar Anugerah Karya Budaya Rempah Nusantara, sebuah ajang penganugerahan penghargaan kepada para pemenang kompetisi visualisasi Jalur Rempah dalam bentuk poster, animasi dan komik.

Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hilmar Farid, menyampaikan kebaharian Nusantara menjadi jejak sejarah di mana berkembangnya pelayaran dan perdagangan dipicu oleh komoditi unggulannya yakni rempah-rempah.

Baca juga: Cara Unik Wawali Tegal Sosialisasikan Protokol Kesehatan, Jumadi Main Film Bareng Anak-anak Rusunawa

Baca juga: Penerima Manfaat Kartu Prakerja di Jateng Capai 507.341 Orang, Ganjar: Ini Bagus, tapi . . .

Baca juga: Heboh, Warga Banjarnegara Tangkap Buaya Muara di Waduk Mrican, Nyangkut di Jaring Nelayan

Baca juga: Dua Kali Mangkir, Polisi Akan Tangkap Rizieq Shihab

“Jejak tersebut membentuk Jalur Rempah, sebuah jalur abstrak tetapi nyata; di laut dan di darat,” kata Hilmar dalam keterangan tertulisnya.

 Jalur Rempah, Hilmar menegaskan, kini telah menjadi simpul peradaban bahari Nusantara.

“Jalur kebudayaan dan peradaban yang bukan sekedar sebagai akses pertukaran niaga, tetapi juga membawa serta gagasan, pengetahuan, seni dan budaya di sepanjang rute perjalanan dari ujung paling timur kepulauan Indonesia melewati selat Malaka sampai Afrika, Timur Tengah dan Eropa,” imbuhnya.

Lebih jauh, Hilmar Farid menegaskan bahwa untuk inilah Kemendikbud bersama Komite Jalur Rempah meluncurkan website Jalur Rempah, sebuah platform digital yang tidak hanya dapat mempersatukan beragam gagasan, pemikiran dan informasi.

Namun juga menjadi media pendidikan bagi masyarakat Indonesia.

“Dalam kesempatan baik ini saya juga ingin menyampaikan Selamat Hari Nusantara yang jatuh pada tanggal 13 Desember mendatang, di mana tahun ini peringatan mengambil tema ‘Budaya Bahari Demi Peningkatan Ekonomi Era Digital’,” ucapnya.

Selamat dan penghargaan tinggi juga disampaikan Hilmar kepada seluruh pemenang Anugerah Karya Budaya Rempah Nusantara.

Halaman
123
Sumber: Tribun Pantura
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved